Depresi – Bisakah Hewan Peliharaan Mengobatinya?

Orang yang menderita depresi sementara atau permanen mungkin menemukan hiburan pada hewan peliharaan mereka. Selama berabad-abad, beberapa hewan, terutama anjing, telah menjadi teman terbaik umat manusia. Oleh karena itu, psikiater dan psikolog menyarankan mendapatkan hewan peliharaan untuk membantu meredakan stres mental dan mengurangi gejala depresi.

Entah itu indra keenam atau cinta tanpa syarat yang mereka tawarkan, hewan peliharaan dapat menawarkan cara yang bagus untuk meningkatkan kesejahteraan mental kita dan menghindari pikiran seperti depresi.

Apa yang Dikatakan Penelitian?

Ada data ilmiah yang signifikan yang menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan memastikan bahwa kita tetap berwelas asih dan menunjukkan empati terhadap kebutuhan hewan dan, dengan demikian, memiliki pandangan hidup yang serupa. Kekuatan penyembuhan hewan peliharaan kita, menjamin bahwa orang yang mungkin tidak memiliki dukungan sosial yang kuat dapat menemukan cara mudah untuk menjaga emosi mereka tetap stabil.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa senior yang memiliki hewan peliharaan sebagai teman mereka menunjukkan sedikit atau tidak ada tanda-tanda depresi dibandingkan orang dewasa yang tinggal sendirian. Studi juga menunjukkan bahwa manula dengan hewan peliharaan membutuhkan layanan medis minimal dan tetap puas dan positif melalui sebagian besar tahun-tahun terakhir mereka.

Hewan peliharaan memberikan perasaan penerimaan tanpa syarat, kasih sayang, cinta, dan persahabatan konstan. Emosi ini membantu mengembangkan perasaan diri yang lebih baik dan pengurangan emosi negatif seperti kecemasan atau depresi.

Menyentuh / membelai hewan peliharaan Anda, mengurus kebutuhannya dan sering berinteraksi dengannya juga memainkan peran penting untuk meningkatkan kadar oxytocin di otak. Menurut survei, sekitar 74% pemilik hewan peliharaan mengamati perbaikan kesehatan mental yang terkenal setelah mendapatkan hewan peliharaan. Terapi hewan dan hewan peliharaan adalah cara hebat untuk mengatasi isolasi sosial, kesepian, dan perasaan tidak berharga.

Hewan peliharaan yang berbeda memiliki efek menenangkan yang sama

Ketika mencari hewan peliharaan terbaik untuk membantu Anda mengatasi stres dan depresi, Anda dapat memilih anjing atau kucing. Ikan dan burung juga bekerja karena beberapa orang suka memelihara burung atau ikan, tergantung pada gaya hidup dan kebutuhan emosional mereka.

Sementara anjing membantu Anda untuk tetap aktif secara sosial, kucing juga ideal untuk mengurangi depresi dengan permainan mereka. Terlepas dari hewan yang Anda pilih, hubungan antara Anda dan hewan peliharaan Anda membantu mengurangi tingkat depresi dan membantu Anda menjalani kehidupan normal.

Memiliki seekor anjing membantu Anda berinteraksi dengan pemilik anjing lain. Anda juga mendapatkan alasan untuk keluar dari rumah ketika Anda mengajak anjing Anda berjalan-jalan. Ini memungkinkan Anda untuk aktif secara sosial dan kurang menarik diri. Semakin Anda terhubung ke dunia luar, semakin Anda merasa tidak tertekan.

Selain itu, mengelus hewan peliharaan Anda memiliki efek menenangkan yang sama seperti mendengarkan musik yang menenangkan atau memanjakan diri dalam aromaterapi. Kebanyakan orang melaporkan bahwa kelembutan bulu kucing mereka menghasilkan penurunan tingkat depresi secara tiba-tiba dan memiliki efek dramatis pada menenangkan saraf.

Semua emosi ini mengarah pada kesehatan mental yang lebih baik dan juga membantu mengatur tingkat tekanan darah yang baik dan detak jantung yang terjaga dengan baik. Anda tidak hanya dapat mengalami kebahagiaan dengan kehadiran hewan peliharaan, Anda juga dapat merasa bertanggung jawab dan bertanggung jawab yang akan membantu membuat hidup Anda terasa lebih memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *